• Rab. Okt 9th, 2024

Jepretnews.com

Berita Terkini Akurat Dan Berimbang

Desa Pekalongan Gelar Sedekah Bumi Dan Hari Jadi Ke -101

Byadmin_jepretnews

Agu 31, 2024

Kepahiang, Jepretnews.com – Pemerintah desa (Pemdes) Pekalongan Kecamatan Ujan Mas Kabuapten Kepahiang.

Menggelar sedekah bumi dan ulang tahun desa yang ke-101 tahun, kegiatan di laksanakan dengan mengarak, gunungan buah dan hasil bumi serta berbagai jenis makanan tradisional. Di arak sepanjang jalan utama menuju kantor Desa Pekalongan, Sabtu Pagi (31/9/24).

Ratusan warga ini, sangat antusias bisa menggelar sedekah bumi dan ulang tahun desa yang ke 101. Setelah arak arakan gunungan buah akhirnya tiba di kantor desa.

Usai di do’akan para sesepuh desa, makana dan gunungan buah di serbu masyarakat, tak ketinggalan anak anakpun ikut serta tumpah ruah berebut gunungan buah buhan dan makanan.

Menurut kepala desa Saripah Ainun Harahap, sedekah bumi merupakan ungkappan rasa syukur atas melimpahnya hasil bumi di desa pekalongan.

“Semoga dengan memperingati sedekah bumi,  hasil pertanian tambah meningkatkan dan tanah semakin subur. Dan masyarakat di desa Pekalongan semakin guyub dan rukun.” Ujar Ainun.

Tradisi sedekah bumi ini merupakan tradisi turun menurun di desa pekalongan, warga berharap sedekah bumi ini di laksanakan setiap tahun agar kearifan lokal tidak hilang.

Kegiatan di hadiri oleh Kepala Desa Saripah Ainun Harahap beserta perangkat, BPD beserta anggota, Tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, tokoh Agama, seluruh lapisan Masyarakat desa, Camat Ujan Mas, Perwakilan Kemenag, DPR Provinsi Edwar Samsi, DPRD Kepahiang  H. Putrado, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta Kepala desa se – Kecamatan Ujan Mas.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *