• Rab. Okt 9th, 2024

Jepretnews.com

Berita Terkini Akurat Dan Berimbang

Hut ke-17 Desa Mekar Sari Menggelar Sedekah Bumi Dan Pegalaran Wayang Kulit

Byadmin_jepretnews

Sep 1, 2024

Kepahiang, Jepretnews.com –  Masyarakat Desa Mekar Sari Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Minggu Pagi (1/9/24) tumpah ruah turun ke jalan mengiringi arak – arakan gunungan buah buahhan dan sayur manyur hasil bumi.

Sedekah bumi dan ulang tahun Desa yang ke-17 tahun, kegiatan di laksanakan dengan mengarak gunungan buah dan hasil bumi. Aak – arakan mulai dari kantor Desa menuju dusun 1 melewati jalan belakang TPQ masuk ke jalan lintas hingga sampai ke lokasi panggung.

Ratusan warga ini, sangat antusias dengan menggelar sedekah bumi dan ulang tahun desa yang ke 17. Setelah arak arakan gunungan buah akhirnya tiba di lokasi acara.

Setalah dilakukan kenduri agung,  makanan dan gunungan buah, sayur di serbu masyarakat tak ketinggalan anak – anakpun ikut serta berebut gunungan buah dan sayuran.

Kepala Desa Marno melalui ketua panitia Yahudi, S. Pd menjelaskan, kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud syukur kami masyarakat Desa Mekar Sari. Kepada tuhan yang maha esa, karena atas nikmat dan rezeki di bidang pertanian khususnya petani palawija.

Yahudi menambahkan, sedekah bumi ini merupakan tradisi tahunan yang bersamaan dengan hari jadi Desa Mekar Sari. Di hari jadi yang ke-17 semoga desa semakin maju, guyub dalam kegotongroyongan dan maju masyarakat, maju pembangunan,” Singkat Yahudi.

Selanjutnya masyarakat di hibur dengan pegalaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang “Ki Sumarjo” dengan mengusung tema “Baline wahyu Eko Jati” mempertahankan kejayaan desa.

Kegiatan dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh lapisan masyarakat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *